Skip to main content
Inggris Hanya Punya Satu Kesempatan Bermain Dengan Bola Piala Dunia

Inggris Hanya Punya Satu Kesempatan Bermain Dengan Bola Piala Dunia

Timnas Inggris hanya bisa satu kali menggunakan bola Adidas Telstar 18 di tiga laga uji coba yang tersisa, hal ini dikarenakan  kesepakatan  Asosiasi Sepak bola Inggris, FA  dengan pihak Nike, yang merupakan pemasok pakaian dan bola mereka hingga tahun 2030. Bola Adidas Telstar 18 adalah bola yang akan digunakan di turnamen akbar Piala Dunia 2018 di Rusia nantinya.

 

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menginginkan para pemainnya, terutama kiper untuk lebih banyak berlatih dengan bola tersebut, tetapi mereka terpaksa harus menggunakan  bola Nike Ordem V saat melawan Italia di Wembley pada hari Selasa (27/3) dan pada laga uji coba melawan Nigeria pada 2 Juni. The Times melaporkan, pihak Nike mengizinkan FA untuk menggunakan bola Adidas Telstar 18 pada laga persahabatan terakhir melawan Kosta Rika pada 7 Juni mendatang, ini akan menjadi satu – satunya kesempatan timnas Inggris untuk bermain menggunakan bola Piala Dunia sebelum pertandingan grup mereka melawan Tunisia di Volgograd pada 18 Juni.

 

Tidak seperti timnas Inggris, beberapa negara peserta, seperti  Jerman dan Spanyol telah lebih dulu memainkan bola Adidas Telstar 18 ini, dan mereka lebih banyak kesempatan untuk berlatih dengan bola ini. Timnas Belanda juga disponsori oleh Nike, tetapi Nike memberikan izin untuk menggunakan bola Adidas pada laga persahabatan melawan Portugal  dimana Belanda menang 3-0.

 

Perbedaan jenis bola berdampak sangat besar terutama bagi penjaga gawang, sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan gerak dan pantulan bola tersebut, seperti  yang dikatakan kiper Spanyol David de Gea setelah hasil imbang 1-1 melawan Jerman pada pekan lalu,  menurutnya bola tersebut sulit digenggam karena dilapisi dengan plastik pelindung. Kiper timnas Jerman juga mengatakan hal yang sama, dia menyebut bola yang ini sebagai bola yang rumit dan tidak punya pilihan lain selain harus terbiasa. Hal ini tentu membuat Southgate kelimpungan karena tidak banyak waktu bagi timnya berlatih dengan bola Piala Dunia, sehingga dia memberikan sebanyak mungkin eksposur ke bola Adidas dalam latihan timnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *